anabolik

1.1 Pengertian Anabolik (Gambaran Umum)

Anabolik adalah suatu fase dimana tubuh memperbaiki dan mengembangkan sel-sel sebagai bagian dari proses metabolisme (http://www.sportindo.com).

Anabolic steroid itu sendiri adalah dibuat manusia sebagai steroid endocrines membantu dalam meningkatkan pertumbuhan sel dan pembedahan. Hal ini juga membantu dalam pengembangan jaringan otot, pertumbuhan tulang, nafsu makan dan pubertas.

Anabolic steroid muncul menjadi ada pada awal tahun 1930-an, dan sejak saat ini telah digunakan untuk berbagai tujuan medis. Anabolik Steroid juga disebut-androgenik anabolik steroid, yang memiliki kombinasi yang berbeda dari sifat androgenik dan anabolik. Anabolik menyebabkan tubuh untuk meningkatkan jumlah jaringan dan untuk metabolisme lemak tubuh. Dengan demikian, ”pembangun otot” menggunakan obat-obat ini untuk keuntungan mereka.

Steroid anabolik adalah kelas dari hormon alami atau sintetik yang meningkatkan pertumbuhan dan pembelahan sel, yang ada di beberapa jenis jaringan, khususnya otot dan tulang.

Anabolika yang banyak digunakan adalah:

v Derivat-testosteron: (Metandrostenolon, metonolon (Primobolan), Oksimetolon (Zenalosyn) dan stanozol (Stromba).

v Derivat Nandrolon : nandrolon dan estilestrenol.

2.2 Mekanisme Kerja

Telah kita bahas sedikit diatas, bahwa Anabolik menyebabkan tubuh untuk meningkatkan jumlah jaringan dan untuk metabolisme lemak tubuh. Steroid Anabol adalah derivat-derivat testosteron (dan Progesteron) sintetis telah dikembangkan guna memperoleh daya kerja anabol besar denga efek virilisasi seringan mungkin. Anabolika Derivat-testosteron dan Nandrolon digunakan untuk penanganan simtomatis anemia aplatis, osteoporosis parah yang resisten terhadap obat-obat lain dan kanker mammae pada wanita postmenopausa yang sudah menyebar. Salah satu steroid anabolik adalah Nandrolon, dimana mekanisme kerjanya adalah mempengaruhi pertumbuhan otot, menstimulasi nafsu makan dan meningkatkan produksi sel darah merah dan densitas/kepadatan tulang.

Fungsi Mengkonsumsi anabolic

  1. Anabolik steroid diketahui dapat meningkatkan massa otot dan kekuatan seseorang. Hal ini dilakukan dengan cara merangsang sel-sel dalam tubuh untuk membangun sel protein baru.
  2. membantu dalam meningkatkan pertumbuhan sel dan pembedahan.
  3. membantu dalam pengembangan jaringan otot, pertumbuhan tulang, nafsu makan dan pubertas.
  4. Hormon ini sering disebut dengan hormon stres karena dikeluarkan oleh tubuh sebagai respons terhadap suatu keadaan stres di dalam tubuh.
  5. Hormon ini mempunyai sifat menyembuhkan luka dan anti-inflamasi.
  6. Anabolik Steroid juga disebut-androgenik anabolik steroid, yang memiliki kombinasi yang berbeda dari sifat androgenik dan anabolik. Anabolik menyebabkan tubuh untuk meningkatkan jumlah jaringan dan untuk metabolisme lemak tubuh. Dan masih banyak lagi sebenarnya, bila digunakan secara tepat dan sesuai.

Ada berbagai jenis anabolik steroid yang tersedia di pasar, seperti Accutane, Clenbuterol, Cytomel, HCG, Clomid, nolvadex, Proviron, arimidex, Caverject, Viagra, Silagra, Propecia , Testosteron Anadrol, Anavar, Deca Durabolin, imbang, Sustanon, dan Winstrol.

Secara garis besar dibagi 2 yaitu::

v Nandrolone (nandrolon dan etilestrenol)

Nandrolone adalah salah satu steroid anabolic dibuat secara alami oleh tubuh (meskipun dalam jumlah sedikit), mekanisme kerjanya adalah memberikan efek yang baik dari Nandrolone adalah pertumbuhan otot, menstimulasi nafsu makan dan meningkatkan produksi sel darah merah dan densitas/kepadatan tulang.

A. Fungsi Nandrolone (seperti yang kami kutip dari medicastore.com)

1. Nandrolone decanoate digunakan untuk mengobati osteoporosis pada wanita post menopause (meskipun sekarang tidak direkomendasikan) dengan dosis 50 mg setiap tiga minggu dan mengobati kanker payudara jenis tertentu pada beberapa wanita.

2. Nandrolone decanoate juga digunakan untuk anemia aplastik, membantu pasien menambah berat badan setelah sakit parah, luka atau infeksi yang terus menerus.

3. Nandrolone decanoate juga digunakan pada pasien yang gagal menjaga berat badan normalnya karena alasan medis yang tak jelas.

4. Nandrolone decanoate juga digunakan pada pasien yang gagal menjaga berat badan normalnya karena alasan medis yang tak jelas.

Nandrolone adalah anabolika yang banyak digunakan , terutama dalam penaganan simtomatis dan anemia apalatis, osteoporosis parah yang resisten terhadap obat-obat lain dan kanker mammae pada wanita postmenopause yang sudah menyebar disamping itu juga banyak disalahgunakan didunia olahraga sebagai doping (Tan Hoan Tjay & K. Rahardja)

B. Dosis Penggunaan

ü Nandrolon (19-nortesteron, Deca/ Durabolin).

Dosis: i.m. Pada Anemia 50-100 mg dekanoat 1x seminggu.

Pada Osteoporosis parah 50 mg per 3 minggu.

Pada Kanker Mammae 50 mg setiap 2-3 minggu (-fenilpropionat)

ü Etilestrenol (orgabolin)

Dosis: Oral 1-4 dd 2 mg, maksimal 16 mg sehari

v Derivat-Testosteron (Metandrostenolon, metenolon (primobolan), oksimetolon (Zenalosyn) dan stanozol (stromba)

2.3 Efek Sampig

Anabolik steroid adalah obat kuat yang membantu membangun jaringan otot dan meningkatkan massa tubuh dengan bertindak seperti hormon alami laki-laki yang disebut dengan testosteron. Karenanya obat ini sering disalahgunakan oleh orang lain yang ingin mengambil jalan pintas.

Jika anabolik steroid digunakan secara sembarangan dalam dosis tinggi, maka bisa menimbulkan masalah dan perubahan yang terjadi di tubuh.

Efek pada laki-laki

v Tubuh mulai memproduksi lebih sedikit testosteron yang dapat mengakibatkan testis mulai menyusut.

v Cenderung bisa kehilangan rambut yang ada di tubuh atau di kepala.

v Mengurangi jumlah sperma.

v Impotensi

v Meningkatnya ukuran payudara dan puting.

v Membesarnya prostat.

Efek pada perempuan

v Mengurangi ukuran payudara.

v Klitoris akan semakin membesar.

v Meningkatkan jumlah rambut di wajah dan tubuh.

v Suara akan semakin berat.

v Adanya gangguan pada periode menstruasi.

Selain itu ada juga efek samping dari kelebihan anabolik steroid seperti depresi, peningkatan fungsi hati, peningkatan tekanan darah dan kolesterol, kram perut, mimisan, ketidakpekaan terhadap insulin, diare, mual, muntah, sembelit dan diduga dapat memungkinkan percepatan pertumbuhan tumor.

2.4 Penyalahgunaan Anabolik

Penggunaan Anabolik banyak disalahgunakan khususnya didunia olahraga sebagai doping. (Doping adalah pemberian atau pemakaian suatu zat asing bagi tubuh dalam jumlah tertentu dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan atau performa tubuh), bertujuaan mengembangkan dan memperkuat otot (misal cabor angkat besi, atletik juga binaraga). Efeknya adalah kekuatan dan volume otot bertamabah karena peningkatan sintesa protein di otot kerangka, berate badan naik, antara lain karena retensi air. Dan ini memberika pengaruh nyata tentunya dengan penggunaan zat anabol dilakaukan latihan intensif, rutin disertai diet kaya protein dan kalori.

  • o Efek Samping Penggunaan Doping

Karena dosis tinggi diperlukan untuk hasil baik, tentunya menimbulkan efek sampung yang tidak ringan. Efek samping buruknya adalah:

  • · Gangguan fungsi hati, dan tumor hati
    • · Penggunaan anabolik steroid dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan jantung melebihi apa yang dikira peneliti selama ini. Mereka yang mengasup doping jenis ini lebih mudah terkena penyakit jantung dan menuntun pada kematian (www.go4healthylife.com) .
    • · Dapat menyebabkan efek samping yang serius, termasuk menimbulkan kanker hati dan penyakit ginjal, Para ahli asal Swedia menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan steroid anabolik dan kebiasaan antisosial, penelitian tersebut terdapat dalam Archives of General Psychiatry, awal November 2006 (www.kalbe.co.id). Para ahli tersebut mendapatkan bahwa mereka yang hasil tesnya positif terhadap steroid, ternyata sekitar dua kali menjadi narapidana karena tindakan kekerasan dengan senjata tajam dan satu setengah kali menjadi narapidana karena kasus pencurian.
    • · Pria yang menggunakan steroid anabolik dapat mengalami penyusutan testis, rendahnya jumlah sperma, meningkatnya risiko terkena kanker prostat, infertility dan kebotakan.
    • · Sedangkan pada wanita dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berlebihan di wajah, kebotakan seperti pria, masalah menstruasi dan perubahan suara menjadi dalam.
    • · Steroid dapat juga menghambat pertumbuhan pada masa remaja

Tentang aziemarchzinc

kalian yang bisa nilai
Tulisan ini dipublikasikan di farmakologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s